Negotiation Skill



           Negosiasi penting karena pada interaksi manusia pasti ada perbedaan pendapat baik dalam jual beli maupun hal lain. Menurut pembicara banyak kasus sederhana yang tidak terselesaikan karena kurangnya kemampuan dalam bernegosiasi.

Proses negosiasi muncul karena adanya konflik. Definisi konflik yaitu interaksi dua pihak yang berusaha saling mengalahkan. Konflik dapat berakhir positif maupun negatif. Konflik yang berakhir positif misalnya kompetisi dalam belajar karena dapat menjadi motivasi untuk lebih memahami ilmu. Konflik yang berakhir negatif yaitu konflik yang menimbulkan kerusakan, misalnya yang banyak terjadi di masyarakat karena tidak ada penyelesaian yang dapat diterima kedua pihak. Konflik ada karena manusia sebagai makhluk sosial tidak mau disamakan dengan lainnya sehingga dalam berpendapat dapat timbul pandangan yang berbeda dan menimbulkan perselisihan. Negotiation skills ada untuk mengendalikan konflik atau disebut juga konflik manajemen. Dalam penyelesaian konflik, ada 5 solusi, yaitu: competing, avoiding, compromising, collaborating, dan accommodating.

Konflik dapat diselesikan dengan negosisasi. Kesepakatan merupakan cara negosiasi menyelesaikan konflik. Negosiasi dapat didefinisikan sebagai cara penyelesaian konflik antara dua pihak atau lebih. Negosiasi dibagi menjadi dua, yaitu: distributif dan integratif. Negosiasi distributif didefinisikan sebagai kesepakatan yang memenangkan satu pihak dan hanya bertahan dalam jangka pendek. Negosiasi Integratif didefinisikan sebagai kesepakatan yang memenangkan kedua pihak dan bertahan dalam jangka waktu panjang.

Proses-proses negosiasi, yaitu:
1.       Persiapan
2.       Perencanaan
3.       Klarifikasi dan justifikasi
4.       Tawar menawar
5.       Implementasi dan pengawasan.

Basic of negotiation skills:
1.       Kemapuan beradaptasi
2.       Communication skills
3.       Kritis
4.       Mengumpulkan perspektif orang lain
5.       Sabar
6.       Punya daya tahan.

Agar sukses bernegosisasi hal yang terpenting yaitu menjadi pendengar yang aktif dan memiliki empati yang baik.

Comments

Popular posts from this blog

Pembahasan Soal Probabilitas dan Statistika [Probabilitas Populasi, Mean, dan Standar Deviasi]

Taking Notes

Pembahasan Soal Probabilitas dan Statistika [Hipotesis]