[Bagian 1] Pengantar Vektor

   Dalam aljabar linear, vektor didefinisikan sebagai garis lurus yang memiliki arah dan dinotasikan dengan huruf kecil tebal (v, a, d) atau dengan tanda panah atau garis (hat) di atas hurufnya. Vektor dapat dikenakan operasi penjumlahan dan perkalian sementara operasi pengurangan dan pembagian pada vektor hanyalah kebalikan dari operasi penjumlahan dan perkalian sehingga tidak dianggap.
   Sifat operasi penjumlahan pada dua vektor yang berbeda arah maupun besarnya akan selalu menghasilkan suatu vektor baru yang berbeda dengan keduanya. Sifat penjumlahan yang lain yaitu, ketika suatu vektor dijumlahkan dengan dirinya sendiri maka hasilnya sama saja dua kali vektor itu sendiri. 
   Perkalian vektor dapat merujuk pada perkalian dengan sekalar atau perkalian antara dua vektor. Perkalian vektor dengan sekalar hanya akan menghasilkan vektor yang sama dengan arah dapat terbalik atau besarnya dapat bertambah atau berkurang. Sementara itu perkalian vektor dengan vektor lainnya lebih dikenal dengan dot product dan cross product.

Comments

Popular posts from this blog

Pembahasan Soal Probabilitas dan Statistika [Probabilitas Populasi, Mean, dan Standar Deviasi]

Taking Notes

Pembahasan Soal Probabilitas dan Statistika [Hipotesis]